Wednesday, March 9, 2011

Peduli Global Warming dimulai dari diri sendiri, dan kebiasaan kecil..

Global Warming, pasti uda bosan kan kalau bahasnya itu-itu terus.. pemanasan global, efek rumah kaca dll... yang membuat dunia ini makin panas.. sumpah deh.. batam akir-akir ini panasnya ga nanggung, bener-bener panasnya nusuk sampai tulang dan buat gerah, dehidrasi, polusi juga makin meningkat di batam, sungguh deh saya suka sesak nafas tiap kali pulang skolah sore pake bus..ohh pokonya menyiksa banget deh, saya kurang suka dengan udara yang sekarang..oke back..sebenarnya susah sih kalau kita mau tanggapin global warming di jaman sekarang ini, teknologi uda canggih kayak gini, pembangunan dimana-mana yang mengakibatkan pohon-pohon ditebang untuk pembangunan, berkurang pohon makan dunia makin panas, makin panas ac yang dipake makin banyak, ac yang dipake makin banyak mengakibatkan dunia yang semakin panas.. lantas apa yang bisa kita buat?? kita ga akan bisa lawan alam.. teknologi makin maju, otomatis lapisan ozon makin menipis.. coba deh uraikan satu-satu pasti ujung-ujungnya mampir ke alam..tapi kita bisa membantu perlambat pemanasan dunia ini mulai dari diri kita sendiri dan hal sekecil apapun, ya meskipun jika hanya nol koma bekian juta nol satu, setidaknya nanti bakalan diikutin orang lain.. coba deh, ga ada ruginya kok.

saya ada beberapa kebiasaan yang sekarang uda biasa dilakuin karena saran dari abang saya..sini deh saya uraikan.. :

1. Jangan buang sampah sembarangan.
simpel aja deh, habis kamu makan permen, robek kertas, atau apa aja jangan buang sembarangan, disamping bisa membantu membersihkan, kita juga bisa hidup sehat, disekolah saya biasanya pas homeroom (apeel pagi), guru-guru saya suka ngingetin kalau kemaren siapa aja yang tak piket, kelas kotor dan segala macam yang buat muridnya malas denger tapi ga sadar-sadar, emang sih kadang kalau kita mau sadarin seseorang itu susah banget kalau orang itu emang ga peduli..tp apa salahnya kalau kita mulai dari diri kita sendiri??

2. Kurangin pengunaan plastik
Plastik nih yang ada dimana-mana dan susah banget di hilangin dari hidup kita, tiap kita belanja dimana aja pasti nanti disertai plastik. Saya kurang suka beberapa sistem di toko pakaian/aksesoris, tokobuku dan pasar swalayan yang mengharuskan pembeli mengambil kantong plastik yang ada logo toko mereka, yaa saya tau mungkin itu salah satu tips promosi, tapi apa mereka ga pernah berpikir ke arah kenapa dunia panas ini? saya ga tau dehhhhh. kalau saya sendiri punya kebiasaan kalo pas bayar bilang "ga usah pake kantong mas/mbak.." terus barangnya mau ditaro dimana?? ya saya sih biasanya gini.. heheh

bawa tas besar, selain bisa untuk isi banyak barang, hemat plastik, ga capek-capek tenteng pake tangan. Tapi kebanyakan orang ngeluh karen terlalu berat, atau ga bagus bawa rangsel besar-besar gitu ke mall..kalau saya sih santai aja..kalo takut berat ya jangan belanja banyak-banyak, kalau takut jelek kan kamu bisa cari tas besar yang cantik dan cocok buat kamu..atau kalo kamu emang ga suka, bagaimana kalau pake ini? kantong yang dibuat pake tisu tapi keras..saya ga tau namanya apa.. yang ini lohh..


punya saya tuh, biasa saya pake, ya walau warnanya pink, tapi enak dipake, bisa digunakan layaknya kantong plastik kan?? dan digunakan berkali-kali pun ga apa, karna ga gampang rusak ga gampang robek... gimana???

"Kantong plastik: hanya 1% yang bisa didaur ulang, polusi udara 0,6 kg. Pakailah tas/kantong berbahan kain yang bisa dipakai berulangkali "

haus? anywhere anytime ga usa sibuk sibuk nyari warung buat beli air mineral, bawa dari rumah kenapa?? kalau kamu beli air mineral per botol kalau uda habis botolnya (kebanyakan orang) pasti langsung buang ke tong sampah, itu apa?? plastik kan?? mending kamu bawa dari rumah..kecuali kalau emang uda habis airnya dan nyari jalan keluar (minta sama teman kek, atau beli tapi minum ditempat, jadinya pake gelas, kalau udah buntu bnget deh baru terpakas beli sekaligus botolnya..) selain itu bisa hemat uang kan.. ini ada contohnya nih yang ini, temen sekelas saya yang duduk disebelah saya,namanya dedya, dia tiap hari ga bawa air kesekolah dan selalu minta sama ola (yang selali bawa botol size besar dan semuaa temen-temen pada minta minum sama ola) atau ga sama aku, kalo ga ya beli. uda capek saya ngomongin dia.. yaudalahh... susah ngubah orang lain. saya biasa pake ini nih..

ada beberapa orang yang bilang kalau plastik ga boleh dipake berulang ulang kali, tapi setelah diteliti emang beberapa jenis plastik yang dibuat tidak boleh dipakai berkali kali.. tetapi ada juga yang boleh.. mau tau yang mana aja yang boleh dipake berulang ulang kali?? coba deh liat di bagian bawah barang plastik tersebut.. cari yang ada gambar atau logo seperti ini :
yup yang no 5, yang paling bahaya seingat saya no 1 dan 7.. coba deh cek disini, saya nemu di google blognya.


3. gunain kertas sebaik mungkin..
kertas, emang bisa di daur ulang, tapi kamu tau ga cuma berapa persen yang bisa didaur ulang dari kertas yang bisa dipake? setau saya ga sampai 50%, bahkan 30%. saya sih ga pandai mendaur ulang atau segala macam, saya hanya bisa menggunakannya sebaik mungkin.. saya punya kebisaaan ngumpulin kertas hasil prin tugas, fotocopy segala macam yang uda ga dipake lagi, menjadi berguna..



kalau prin kan cuma halaman depan doang kan yang dipake?? halama belakang kosong kan?? saya bisa tuh dipake buat ngerjain tugas, ini contohnya

yang kiri itu hasil prin yang ga dipake lagi, yang sebelah kanan yang tabel kuning ini tugas latihan akuntansi saya..kadang juga dipake buat coret-coret kalau lagi kerjaain matematika, bisa kan dipake???? dan saya pake buat ini juga..


jadiin kertas binder.. berguna kan?? kadang kata temen-temen saya terlalu pelit ga mau beli kertas binder dan pake kertas bekas. pikirannya beda jauh dengan saya. dari pada buang kertas sia sia padahal masi bisa dipake.. dan bisa hemat uang untuk beli kertas binder?? semakin banyak kertas yang digunakan semakin banyak juga produksinya, semakin banyak produksi apa dong yang hilang??? pohon kan???? jadinya??? ujung" panas jugaa..nanti ditambah lagi oksigen berkurang.. hirup apa nanti kita kalau bernafas??

emm, yaa, semntara cuma ini sih tips dari saya.. saya cuma ingin sharing biar kesadaran bisa di sebarluaskan secara ga langsung.. GOO GREEN! :D

No comments: